Laporan Magang story :D - realita robotika rock n roll


Nama gw fana, biasa dipanggil ian, nah ceritanya gini magang pun dimulai, kami memulai praktek kerja magang pada tanggal 23 desember 2013 untuk anak anak robotik, tempat ruangan kami berada di gedung labtek 8 di basement. Singkat cerita terpilihlah 7 orang kece kece yang akan magang di lab robotik ini yaitu saya sendiri, dea, toni, diki, riefgin, vitra dan pipo.
Saat pertama kami di briefing tentang target dan proses magang kita disini, kita dijelaskan beberapa hak kewajiban kami di lab yang ada di basement ini, pada hari pertama ini kita diberikan arahan tentang deskripsi target magang yang akan diberikan, nah penanggung jawab kami di labtek ini adalah pak Syahban, dia menanyai kami dengan beberapa pertanyaan tentang ketertarikan dan kemampuan yang kami kuasai dan minati, ini bertujuan untuk membagi bagi tugas magang yang akan kita jalani, setelah beberapa diskusi ringan, akhirnya kami diberikan masing masing tugas yang berbeda, dan aku kebagian dibagian vision.
Apa itu vision?, sejujurnya saya sangat tidak tau apa itu vision, gambaran tentang koding programnya pun belum pernah lihat, tapi bagi saya yang menyukai tantangan hal baru seperti ini tidaklah membuat gentar .. hehe
Nah setelah beres melakukan briefing ini, kami langsung beres beres lab, sumpah ini lab brantakan banget, mirip gudang. Haha.
Setelah melakukan bersih bersih, kami langsung pulang, hari itu tidak lah terlalu banyak yang dikerjakan berkaitan dengan magang, karena ruangan lab benar benar berantakan, dan banyak barang yang tidak terpakai bertebaran sehingga kurang nyaman untuk digunakan.
Nah, keesokan harinya kami tetap melakukan bersih bersih meneruskan kegiatan kemarin karena masi banyak yang harus dibersihkan, setelah bersih bersih selesai saya langsung melanjutkan untuk menganalisa tentang vision yang telah dibuat oleh angkatan sebelumnya, katanya vision ini masih belum sempurna dan butuh perkembangan dibagian deteksi kameranya agar posisi robot di lapangan bisa terdeteksi.
Oh ya beginilah suasana lab kami yang sekarang setelah dibersihkan :




Terlihat lebih nyaman kan dan enak, hehe. Nah minggu pertama ini saya mencoba mempelajari apa itu image processing, bagaimana cara kerja image processing tersebut, bagaimana image processing bisa mendeteksi warna warna tertentu dan memberikan kordinat, semuanya sungguh blank di awal, ga ada sama sekali gambaran mau mulai dari mana.
Haha, yang jelas aku harus bisa, itulah yang ada dipikiranku pada saat itu. Saya ditugaskan untuk memperbaharui code yang sudah ada dan di update fungsinya agar bisa compatible memakai webcame dengan port USB, aplikasi yang sekarang hanya bisa memakai camera dengan cable coil, sehingga kamera tidak bisa di update dan di perbaharui, ini membuat aplikasi tidak optimal.
Akhirnya setelah bertama berjam jam untuk meriset ini, saya mendapatkan keputusan untuk menggunakan open cv sebagai engine untuk image processing, nah waktu itu karena tidak ada yang memiliki open cv ini, saya menggunakan visual studio 2010.

Visual studio 2010

karena menurut saya visual studio versi ini adalah versi yang paling ringan dan paling banyak support library, yah walaupun ada visual studio 2012. Katanya sih di 2012 ini terdapat bug pada saat pembuatan MFC, yang nantinya akan saya gunakan. Nah untuk mencegah hal ini maka saya menggunakan versi 2010, mungkin akan tunggu versi yang lebih terbaru, oh ia open cv yang saya gunakan adalah versi 2.4.7 dan pada waktu itu adalah versi paling baru.
Nah pada hari pertama ini saya hanya mengerjakan riset dan menyiapkan environtment untuk library open cv ini.

Nah berhubung maksimal halaman dibatasin nih, singkat cerita saya melakukan riset riset untuk membuat image processing ini, berawal dari printout text simple about tentang engine open cv, berlanjut ke deteksi webcame dan cara menampilkan gambar yang didapat dari webcame itu.
Banyak kendala yang saya hadapi semisal error error pada script, nah kalo errornya error script biasa sih mungkin tidak terlalu sulit, tinggal search google :p , tapi kalo keluar error linker, wedeeuh.. ini udah lumayan ribet, karena visual studio ini ga bisa menampilkan error yang terjadi persisnya disebabkan karena apa, bisa jadi libarary yang tidak support, atau memory leaker, atau bahkan error karena compilernya salah mensetting environtmentnya. Pokonya kalo udh error linker ini tuh udah paling bikin BT banget, karena susah untuk di debugnya.
Nah akhirnya pada tanggal 7 january 2014, saya berhasil mendeteksi warna dan memberikan caption pada pendeteksian tersebut, misal anggap aja “robot 1” nah ini udah bisa multi deteksi temen temen, jadi warna tinggal dipilih rangenya lalu akan mendeteksi secara otomatis, dan sekaligus mengirimkan kordinat si objek yang dideteksi oleh webcame ini. Seru juga ya walau kadang nyebelin nih project :p.

Oke oke, problem pertama terpecahkan, nah selanjutnya problem ke2 nih, open cv mengenerate otomatis tampilan GUIny, sulit nih karena kita tidak bisa seenaknya menambahkan button dan apa yang kita butuhkan untuk GUInya, maka disini ada tantangan baru, yaitu menggabungkan MFC dengan open cv, nah lumayan sulit nih karena MFC itu seperti visual C++ atau c# yang kita bisa mengatur tampilan GUInya, tapi bedanya MFC lebih mentah lagi, jadi kita harus mendeskripsikan tiap tiap component dan memberikan definisi variable attribute jika kita ingin menggunakannya dengan benar, berbeda dengan visual C++ dan C# yang sudah tergenerate otomatis componentnya sehingga user hanya perlu mengakses melalui ID untuk mendapatkan value tertentu.
Nah pada tanggal 3 february, saya berhasil nih menggabungkan mfc dengan open cv, semua berjalan sesuai keinginan. Saya bisa menambahkan fitur GUInya sehingga dapat dengan mudah di edit sesuai keinginan. Selain itu saya juga menambahkan multiple detection color, jadi sebelumnya cuman satu warna nah sekarang bisa mendeteksi berbagai warna sesuai keinginan.
Berikut adalah tampilah guinya dan tampilan pendeteksian warna beserta caption dan lokasi pendeteksian :



Yaps begitulah akhirnya, selanjutnya adalah melakukan riset dan memaksimalkan pendeteksian ini, agar nantinya AI mampu mengetahui posisi letak pasti sang robot dan dapat menggerakan nya, by the way aplikasi ini saya namakan The Eye hehe.
Target selanjutnya sekarang tinggal menentukan arah depan dari sang robot dan membuat patern warna baru untuk robot, dan memaksimalkan filter warna ini.
Oh ia ini loh robot soccer milik kita :



oh ia, body robot soccer ini dinilai kurang, oleh sebab itu nanti kita rencananya akan membuat body yang lebih ambooii, dan bahenol hahaha *plaaakk....
next, ini diaaa lapangannya :




Karena kerasnya perjalanan developing robot soccer ini sehingga kadang memaksa kita untuk “lembur” haha ya walau kadang cuman download download doank dan pake ngerumpi doank, padahal besment ini terkenal angker loh ?? haha *becanda.
Mungkin karena tempatnya agak terpencil di bawah dan suasana mencekam pada malam hari, tak ayal suara air septitang kadang mengucur, tapi tetep aja nekat lembur.
Perjalanan kita masih jauh dari berhasil kawan, banyak yang harus kita hadapi, semoga team kami akan selalu kompak ya, sedikit info nih, ketua kita yaitu Dea, ratu kece ini adalah cewe satu satunya di team ini, yah walau otakny kadang mancing2 anak2 buat ngeres tapi dia ketua bertanggung jawab loohh :D, oh ia dia bagian mendesign body robot dan design pcb yang akan digunakan oleh team kita, next,
nah toni adalah master dari segala master elektro, bahkan sudah dibilang hatam dia, segala kendala temen temen yang berkaitan sama elektro, terlihat tidak ada apa apanya di mata dia , well dia sohib gw nih, yang suka dicurhatin haha.
Next adalah bro diki yang special PID, gw ga begitu ngerti sih apa itu PID yahh walau dia berapa kali jelasin juga tetep aja ga ngerti gw haha. Next adalah riefgin, riefgin itu adalah orang awak haha *iklan, nah dia ini di bagian batre, bagian untuk mendeteksi  kekuatan batre, power management dll, yah yang berhubungan dengan itu lah yah. Next kita akan bertemu denang vitra, dia sedikit diem sih, tapi keren ko, nah vitra ini lagi cari jodoh loh orangnya baik ko, sok aja yg mw kenalan langsung kontak :v. oh ia dia dibagian komunikasi server dengan para robot.
Next ada pipo cupi atem, entah dari mana dia mendapatkan ilham menggunakan nama tersebut, yang jelas itu bkan nama asli loh yah haha, dia dibagian joystick nih, yang bertugas untuk mengatur robot dijalankan secara manual.

Well perjalanan kita masih panjang guys, minta doanya agar semua lancar, aman, cepet dapet momongan *loohhh emank nikahan :v
Yah dari saya cukup sekian, mohon maaf jika ada salah salah kata, sekian dari cerita laporan singkat dari saya, karena terbatasnya resource, maka saya akhiri sampai disini, salam hangat dari kami, kelompok robotic batch 8.



1 komentar:

  • Vitria Ratna Sari | 1 Maret 2014 08.36

    kelompok robotic batch 8 pada Gendutan semua nih.. kecuali kepompong toni sama mas pipo,,
    aduhhh kenapa tu dea? ada yang blum sejahtera tuh.. :v
    hahaa tapi tetap semangat semua yaaa.. :D

Posting Komentar

Ayo Celotehnya tulis disini yaaa....