Tutorial Java 1

ini post serius haha :D

Apa itu Variabel ?
Variabel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Suatu variabel dapat bersifat lokal (sementara), misalkan variabel yang di dalam pengulangan for, atau dapat juga variabel instance yang dapat diakses oleh semua method dalam class. Benda atau sesuatu yang tersimpan di dalam variabel dinamakan nilai. Nilai dalam suatu variabel dapat berubah selama berjalannya program. Nilai yang tersimpan dalam suatu variabel tidak harus berupa bilangan. Kita dapat membuat variabel yang dapat menyimpan huruf. Jenis nilai yang tersimpan dalam variabel merupakan tipe variabel.



Menggunakan Variabel
Dalam Java, secara eksplisit kita harus mendeklarasikan variabel sebelum kita menggunakannya. Java secara eksplisit mengharuskan kita untuk mendeklarasikan variabel sehingga jika terdapat salah ejaan (misspell) dalam nama variabel, compiler akan menemukan kesalahan tersebut dan menampilkannya sebagai kesalahan (compiler error).

Bagaimana Cara Mendeklarasikan Variabel?
Untuk mendefinisikan variabel tentukan tipenya terlebih dahulu lalu nama variabel tersebut lalu diakhiri dengan titik-koma karena pendeklarasian variabel merupakan sebuah bentuk pernyataan (statement). Bentuk dasar dalam mendeklarasikan variabel adalah seperti ini:
Contohnya adalah seperti ini:

Contoh di atas adalah cara kita mendeklarasikan suatu variabel. Variabel dengan nama akan menampung nilai String (untuk jenis type data kata), umur akan menampung nilai int (untuk type data bilangan bulat), dan tinggi akan menampung nilai double (untuk type data bilangan desimal). Jika kita salah memasukan input ke type data yang bukan semestinya, maka error akan muncul.

Mendeklarasikan Dua Variabel atau Lebih dalam Satu Statement
Kita dapat mendeklarasikan dua atau lebih (dengan tipe yang sama) dalam satu statement, dengan memisahkan nama variabel dengan koma. Contohnya adalah seperti ini:



Contoh di atas menunjukan pendeklarasian type data secara bersamaan, dalam kasus ini, panjang lebar serta tinggi akan memiliki type data int begitu juga kosim maemunah dan kang_encun akan memiliki type data String, sebagai catatan, pendeklarasian variable tidak boleh mengandung spasi, jika ingin memisahkan kata, bisa menggunakan underscore seperti contoh di atas.
Tugas 1 : buatlah file dengan declarasi variable masing masing dengan type data yang berbeda.
Mencetak data dalam variable
Selanjutnya kita akan mempelajari cara mencetak data yang kita masukan tadi ke dalam variable yang sudah kita definisikan terlebih dahulu, Contohnya seperti berikut :



Silahkan ganti variable dengan yang anda suka dan running aplikasi anda maka outputnya akan seperti berikut :



Memanipulasi variable
Selanjutnya kita akan mempelajari cara memanipulasi variable hingga hasilnya sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan kita buat, berikut adalah contohnya :



Terlihat di contoh di atas, type data bilangan atau angka seperti int dapat kita manipulasi dengan aritmatika, selain itu variable bertype String juga dapat disatukan untuk membentuk kata yang kita inginkan.
Outpunya seperti ini :



0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Celotehnya tulis disini yaaa....