Vision RobotSoccer - Deteksi robot id dari kombinasi 4 warna

Setelah sebelumnya mendeteksi titik tengah kordinat robot dan sudut robot, akhirnya saya dipusingkan oleh cara mendeteksi kombinasi warna id robot yang menghasilkan sesuatu nilai unik yang nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk membedakan id robot.

nah untuk itu maka saya mencari cari lah rumus yang mesti dipakai, yaitu menggunakan trigonometri dan sudut kertasius..
pelajaran di STM dlu yang sekarang saya sudah lupa lagi, :|

akhirnya baca baca, tanya sana sini mencoba membangkitkan ingatan lama tentang trigonometri untuk dapat mendeteksi ukuran sudut yang diinginkan menggunakan titik kordinat yang sudah didapat tadi,

setelah berdiskusi dengan diki (teman satu team robot) kami belum mendapatkan pencerahan, malah makin pusing haha, referensi yang saya baca saya dapatkan dari blogger juga yang sepertinya hobby di bidang matematika yaitu http://belajarmatematikadanfisika.blogspot.com/2013/01/trigonometri-i.html dan http://matematikaeducation-matematika.blogspot.com/2011/01/trigonometri.html



referensi tersebut mampu memferifikasi sudut yang telah saya temukan itu benar, rumus yang telah saya gunakan sebelumnya untuk mendeteksi sudut robot, nah tinggal bagian tersulit nya yaitu mendapatkan kordinat titik x y menggunakan sudut yang saya inginkan misal saya ingin sudut 30 derajat , maka garis titik tadi bergeser sejauh 30 derajat dan mendapatkan titik baru..

untungnya ada mas Arkan dari anak S2 yang bener2 expert di bidang ini haha akhirnya setelah berdiskusi dan memberitahukan letak problem dan kendala , akhirnyaaaa sodara sodara, rumuspun ditemukan dan setelah saya convert kedalam coding .. berhasilah mengidentifikasi id robot tersebut

yes :D

selanjutnya tinggal sending kordinat ke aplikasi AI
yosshh #semangat

berikut bukti perjuangan :



0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Celotehnya tulis disini yaaa....